Blog : Immortelle-Crew.blogspot.com
Facebook : Immortelle Crew
Twitter : @ImmortelleCrew
Game : Ayo Dance
Keluarga Kita Bersama -Immortelle-

Minggu, 25 November 2012

Peneliti LIPI Kembangkan Alat Laser


Peneliti di Pusat Penelitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Bambang Widiyatmoko, mengembangkan sebuah alat yang mampu mengubah jati diri sebuah laser. Tuneable Laser atau Laser Mampu Tala, nama alat itu, memungkinkan teknologi komunikasi serat optik menjadi lebih mudah dan murah.
Bambang, ketika ditemui dalam Ritech Expo 2007 pekan lalu, menerangkan panjang gelombang laser selama ini tidak bisa diubah-ubah. Padahal, dalam aplikasinya, sebuah serat optik berdiameter tujuh mikron biasa digunakan untuk memuat 250 sampai seribu laser untuk mengangkut data dan informasi.
Kolom yang tersedia jadi sangat sempit dan harus benar-benar dikontrol. Di sinilah peran Laser Mampu Tala. “Untuk membuatnya pas… di mana panjang gelombang yang satu tidak boleh berimpit dengan yang lain,” katanya sambil menambahkan, “Kalau laser dioda biasa itu sulit. Perlu yang bisa di-tune.”
Meski Laser Mampu Tala sudah bisa digunakan, Bambang menyatakan belum hendak memasarkan alatnya itu. Menurut dia, masih perlu penyempurnaan, semisal, di bagian tuner, yang ingin dibuatnya lebih praktis dan tidak manual. Begitu juga dengan pangsa pasar, Bambang mengaku belum mengenal betul di Indonesia.
Bambang mengembangkan Laser Mampu Tala setahun setelah kepulangannya ke Tanah Air pascastudi master dan doktornya di Jepang. Di negeri itu, ia menekuni teknik rekayasa laser.
Berbagai produk terkait sudah dihasilkannya, termasuk yang bisa membangkitkan satu laser menjadi seribu laser baru. “Nama alat itu Optical Comb Generator, dan sudah dipasarkan di sana (Jepang),” kata Bambang. wuragilKoran Tempo (15 Agustus 2007)

0 komentar:

Posting Komentar