Blog : Immortelle-Crew.blogspot.com
Facebook : Immortelle Crew
Twitter : @ImmortelleCrew
Game : Ayo Dance
Keluarga Kita Bersama -Immortelle-

Jumat, 10 Agustus 2012

CubicExplorer Alternatif Windows Explorer yang Sarat Fitur


Windows Explorer sudah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan komputasi. Keberadaanya mutlak perlu karena sangat berguna untuk mengatur file dan folder yang terdapat di dalam Harddisk. Dan dengan aplikasi tersebut kita bisa menghapus, mengkopi, memindah, atau membuka file atau folder. Tak bisa dibayangkan bila sebuah operating system tak memiliki File Manager, tentu saja sangat repot bukan.

Cubi Explorer, aplikasi untuk merubah tampilan Windows Explorer
Meskipun sering digunakan dan sudah menjadi kesatuan dari operating system Windows itu sendiri. Banyak pengguna Windows mengeluhkan sedikitnya fitur yang dimiliki dibandingkan operating system lain seperti Linux misalnya. Dan sampai saat ini di Windows 8 pun Windows Explorer tak banyak berubah dan hanya mencakup tampilannya saja. Tak jarang pula pada saat digunakan Windows Explorer mengalami hang dan sebagainya yang juga berdampak dengan kestabilan Windows sendiri. Apalagi Windows Explorer juga rentan terhadap virus.
CubicExplorer adalah salah satu alternatif file manager yang bisa Anda gunakan. Dibandingkan dengan aplikasi yang sejenis CubicExplorer memiliki fitur dan tampilan yang lebih baik. Dilengkapi dengan dukungan multitab, text editor yang terintegrasi ukuran thumbnail yang besar, bookmark dan masih banyak lagi. Jika bosan Anda pun juga bisa merubah tampilan CubicExplorer karena aplikasi ini juga memiliki banyak tema yang menarik.
Anda bisa mengunduh CubicExplorer di http://www.cubicreality.com/ce/. Aplikasi ini sangat ringan dibandingkan dengan Windows Explorer. CubicExplorer secara default memiliki tampilan layaknya aplikasi browser internet dan dilengkapi dengan multitab, dan panel. Anda bisa merubah setting panel di sebelah kiri yang juga bisa membuat kerja Anda lebih efisien dan cepat. Panel ini dapat Anda pin atau di unpin yang akan muncul secara otomatis ketika cursor diarahkan ke panel. Berikut fungsi beberapa panel yang bisa Anda tambahkan. Untuk mengaksesnya tinggal klik kanan pada panel.
Folders
Tampilan Folder setelah dirubah menggunakan CubicExplorer
Panel folders memiliki fungsi sama halnya dengan yang dimiliki oleh Windows Explorer untuk mengakses folder dengan cepat.
Bookmarks
Bookmark menggunakan XWidget pada Windows
Panel ini berfungsi untuk dapat mengakses ke folder tertentu dengan lebih cepat dengan hanya satu klik CubicExplorer akan membuka folder yang dituju. Untuk menambahkan bookmark Anda cukup buka folder yang akan Anda bookmark lalu klik kanan pada panel Bookmarks lalu klik Add Bookmark. Disini Anda juga bisa menambahkan kategori bookmark jika perlu.
Quickview
QuickView pada CubicExplorer
Panel ini dapat menampilkan thumbnail atau preview gambar maupun video di saat Anda sedang menyeleksi sebuah file atau folder.
Filters
Filters dari aplikasi CubicExplorer
Sesuai dengan namanya panel yang satu ini dapat memfilter dan mengelompokkan beberapa file atau folder. Fitur ini sangat berguna jika Anda sedang mencari suatu file atau folder yang berada diantara ratusan file atau folder. Tak perlu lagi susah payah mencari file atau folder dengan mencarinya satu persatu.
Stack
Stack pada exploer setelah menggunakan Cubic
Dengan memilih panel ini akan CubicExplorer akan menampilkan window kecil yang berguna untuk mengkopi beberapa file ko folder lain. Fungsi ini mirip dengan keranjang belanja yang biasa Anda temui di swalayan. Cukup drag & drop file atau folder ke Stack lalu Anda tinggal drag & drop file atau folder tersebut ke folder lain. Fitur ini cukup membantu di saat Anda ingin mengkopi beberapa file ke flashdisk tanpa perlu repot mengkopinya satu persatu. Stack juga selalu dalam kondisi Always on top jadi Anda tak perlu takut si kecil ini akan menghilang di saat Anda sedang mengakses file atau folder lain.
Workspace
WorkSpace pada CubicExplorer
Fitur ini akan menampilkan explorer mini yang selalu Always on top berguna di saat Anda mencari file atau folder dan Anda juga bisa membukanya di tab baru.
Fitur lainnya
Selain Panel diatas, seperti yang disebutkan CubicExplorer juga dilengkapi dengan multitab. Anda bisa mengakses folder lain dengan fitur ini tanpa perlu membuka CubicExplorer lagi. Anda juga bisa men drag & drop file atau folder ke tab lainnya. Bosan dengan tampilan CubicExplorer? Anda bisa mengubah tema aplikasi ini dengan cara pilih menu Tools lalu klik Customizer… terdapat berbagai pilihan tema yang menarik yang dapat langsung Anda gunakan. Di opsi ini Anda juga bisa mengubah toolbar dan tombol sesuai dengan selera.
Fitur lain pada Cubic Explorer
Untuk pengaturan CubicExplorer lebih lanjut Anda bisa membuka opsi Options dengan meng-klik Tools lalu klik Options… lalu pilih Advanced. Terdapat beberapa opsi yang bisa Anda rubah, jika Anda sudah terbiasa memakai CubicExplorer Anda juga bisa menggunakan CubicExplorer sebagai file manager default Anda dengan meng-klik Register pada opsi Options di General dengan begitu secara otomatis Cubic Explorer akan aktif saat Anda membuka My Computer, My Documents, maupun Control Panel di Start Menu.
Fitur tambahan pada CubicExplorer
Cubicexplorer, aplikasi untuk merubah tampilan Windows Explorer
CubicExplorer adalah file manager yang sangat Penulis rekomendasikan selain ringan dukungan dari developer untuk update dari aplikasi secara berkala juga menambah fitur baru untuk aplikasi ini, untuk memantau versi terbaru klik Tools lalu klik Version Manager Anda bisa mengupdatenya langsung dari sini. Dengan berbagai fitur yang dimiliki, aplikasi ini sangat layak sebagai pengganti Windows Explorer nantinya. Selamat mencoba!


Di poskan Oleh : Immortelle Crew

0 komentar:

Posting Komentar